BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Suatu ekosistem adalah tingkatan yang sangat luas
dalam hirarki organisasi biologis, yang terdiri dari komunitas organisme dalam
suatu wilayah tertentu dab factor abiotik yang membentuk lingkungan fisiknya.
Suatu ekosistem terdiri dari semua organisme yang hidup dalam suatu komunitas
dan juga semua faktor-faktor abiotik yang beriteraksi dengan organisme tersebut
seperti populasi dan kemunitas, batas ekosistem umumnya tidak jelas (Campbell,
2004).
Berdasarkan sifatnya komponen penyusun ekosistem
dibedakan menjadi dua yaitu faktor abiotik dan faktor biotik. Faktor abiotik
adalah faktor yang meliputi semua makhluk hidup di bumi.. Faktor biotik
meliputi tingkatan organisasi di dalam ekologi yang meliputi individu,
populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer. Faktor abiotik adalah faktor yang
meliputi faktor fisik dan kimia (Pratiwi, 2007).
Pada pembelajaran materi ekosistem yang disusun dalam buku
paket siswa sering kali
terdapat ketidaksistematisan pada isi pendahuluan. Sehingga isi pada pendahuluan
tersebut kurang membangun pengetahuan yang lebih spesifik dari materi yang akan
dipelajari. Selain itu juga sering kali terdapat kesalahan pada urutan materi
atau ketidak sesuaian urutan materi dengan silabus materi yang dipelajari sehingga
memungkinkan siswa salah konsep dalam mempelajari materi.
Kebanyakan siswa merasa bingung ketika mereka mencoba
mempelajari materi lebih dari satu buku atau mereka menggunakan buku paket yang
lain. Hal ini dikarenakan perbedaan urutan atau isi materi yang disampaikan
dalam buku tersebut, sehingga siswa akan merasa bingung untuk menentukan
jawaban yang benar dari apa yang mereka pelajari.
Berdasarkan uraian beberapa masalah pada isi materi
dalam buku siswa maka perlu sekali dilakukan analisis terhadap isi materi dalam buku paket (buku siswa).
1.2 Rumusan Masalah
- Apa sajakah kompetensi dasar dan indikator pada bab ekosistem kelas X SMA Biologi?
- Bagaimana isi materi bab ekoistem dalam buku Erlangga?
- Bagaimana analisis kesesuaian isi materi bab ekosistem dengan indikator?
- Bagaimana analisis kesesuaian letak bab ekosistem pada buku erlangga dengan buku pembanding?
- Bagaimana analisis isi materi bab ekosistem pada buku erlangga dengan buku pembanding?
1.3 Tujuan
- Untuk mengetahui apa saja kompetensi dasar dan indikator pada bab ekosistem kelas X SMA Biologi
- Untuk mengetahui isi materi bab ekoistem dalam buku Erlangga
- Untuk mengetahui analisis kesesuaian isi materi bab ekosistem dengan indikator
- Untuk mengetahui analisis kesesuaian letak bab ekosistem pada buku erlangga dengan buku pembanding
- Untuk mengetahui analisis isi materi bab ekosistem pada buku erlangga dengan buku pembanding
BAB II
ISI
2.1 Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Buku
biologi untuk sekolah SMA kelas X yang
diterbitkan oleh penerbit Erlangga ini dapat
diselesaikan sesuai standar isi (SI) yang telah ditetapkan dalam Permendiknas
RI Nomor 23 Tahun 2006. Buku IPA ini ditulis untuk membantu siswa mencapai
kompetensi yang ditargetkan. Pada buku Erlangga disusun pada bab 9 adalah materi bab ekosistem. Didalam silabus
semester 1 yang menggunakan KTSP 2006 diperoleh kompetensi dasar dan indikator
yang ingin dicapai oleh peserta didik pada bab ekosistem sebagai berikut:
a.
Kompetensi dasar pada topik materi ekosistem
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekossitem
dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem
bagi kehidupan.
4.2 Menjelaskan keterkitan antara kegiatan
manusia dengan masalah perusakan atau pencemarn lingkungan atau pelesatarian
lingkungan
4.3 Menganalisis jenis- jenis limbah dan daur
ulang limbah
4.4 Membuat produksi daur ulang limbah.
- Indikator pada topik materi ekositem.
Indikator pada topik materi ekositem dijabarkan dengan tabel
sebagai berikut:
- Siswa dapat membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, relung, individu, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik dan faktor abiotik.
- Siswa dapat mengaitkan hubungan antara tipe-tipe ekosistem dengan kondisi lingkungan biotik dan abiotik.
- Siswa dapat mengatasi masalah-masalah pada lingkungan dengan menggunakan rantai makanan.
- Siswa dapat menjelaskan aliran energi dan membuat skema daur biogeokimia.
- Siswa dapat mendata upaya manusia dalam mengatasi masalah lingkungan akibat kegiatan manusia.
- Siswa dapat mendata limbah-limbah organik yang dapat dimanfaatkan tanpa dan dengan proses daur ulang.
2.2 Isi Materi Bab Ekoistem Dalam Buku
Erlangga
a. Judul Bab, Sub Bab, dan sub-sub bab
Judul Bab, Sub Bab, dan sub-sub bab
pada materi ekosistem berisi materi yang akan dipelajari sebagai barikut:
Bab 9 ekosistem
Pada awal bab ekosistem berisi gambar
yang mencerminkan isi bab tentang ekosistem, tujuan pembelajaran, kata kunci
dan pengantar narasi di awal bab dimasukan untuk mengiring peserta didik pada
cakupan bab ekosistem.
A. Pendahuluan
Pada sub bab ekosistem pendahuluan diawali dengan kegiatan
membaca wacana. Kegiatan membaca wacana ini untuk mengeksplorasi temuan awal
berkaitan dengan isi bab Serta sekaligus menyiratkan defenisi dari ekosistem
adalah kehidupan semua jenis makhluk hidup yang saling mempengaruhi serta
berinteraksi dengan alam membentuk kesatuan.
B. Komponen penyusun ekosistem
Dibedakan berdasarkan sifat serta fungsinya yakni:
1.
Berdasarkan sifatnya
a.
Faktor biotik
·
Individu
a.
Adaptasi morfologi
b.
Adaptasi fisiologi
c.
Adaptasi perilaku
·
Populasi
·
komunitas
b.
Faktor abiotik
·
Suhu
·
Sinar matahari
·
Air
·
Tanah
·
Ketinggian
·
Angin
·
Garis lintang
2.
Berdasarkan fungsinya
a.
Produsen
b.
Konsumen
c.
Pengurai
d.
Detritivor
C. Interaksi antar komponen ekosistem
·
Interaksi antar organisme
a.
Netral
b.
Predasi
c.
Parasitisme
d.
Komenalisme
e.
Mutualisme
·
Interaksi antar populasi
·
Interaksi antar komunitas
·
Interaksi antar komponen biotik dengan abiotik.
D. Aliran energi dan daur biogeokimia
·
Aliran energi
a.
Rantai makanan
1.
Rantai pemangsa
2.
Rantai parasit
3.
Rantai saprofit
b.
Tingkat trofik
c.
Piramida ekologi
1.
Piramida jumlah
2.
Piramida biomassa
3.
Piramida energi
·
Daur biogeokimia
a.
Daur nitrogen
b.
Daur fosfor
c.
Daur karbon
d.
Daur sulfur
E. Kerusakan lingkungan dan upaya pelestariannya
1.
Perubahan lingkungan karena campur tangan manusia
2.
Perubahan lingkungan karena faktor alam
3.
Pencemaran lingkungan
a.
Macam- macam pencemaran
a)
Menurut tempat terjadinya
-
Pencemaran udara
-
Pencemaran air
-
Pencemaran tanah
-
Pencemaran suara
b)
Menurut macam bahan pencemar
-
Kimiawi
-
Biologi
-
Fisik
c)
Menurut tingkat pencemaran
b.
Parameter pencemaran llingkungan
-
Parameter kimia
-
Parameter biokimia
-
Parameter fisik
-
Parameter biologi
4.
Etika lingkungan
5.
Pengelolahan lingkungan
6.
Undang- undang lingkungan hidup
F. Limbah dan daur ulang limbah
Dibawah
ini, ditampilkan bagian awal halaman judul bab ekosistem sebagai berikut:
1.
Peta konsep ekosistem
![]() |
2.
Halaman judul

3.
Pendahuluan
![]() |
||
![]() |
4.
Kegiatan yang dilakukan

5.
Intisari subbab
![]() |
6.
Rangkuman
![]() |
2.3 Analisis Kesesuaian Isi Materi Bab
Ekosistem Dengan Indikator
No
|
Indikator
|
Keterangan
|
1
|
Siswa dapat membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, relung,
individu, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik dan faktor abiotik.
|
Sesuai dengan buku Biologi karangan Pratiwi, dkk.
Terdapat pada halaman 268-275.
|
2
|
Siswa dapat mengaitkan hubungan antara tipe-tipe ekosistem dengan
kondisi lingkungan biotik dan abiotik.
|
Tidak sesuai karena dalam buku Biologi karangan Pratiwi,
dkk tidak dijelaskan tentang tipe-tipe ekosistem.
|
3
|
Siswa dapat membandingkan piramida
ekologi
|
Sesuai, terdapat pada halaman 279.
|
4
|
Siswa dapat mengatasi
masalah-masalah pada lingkungan dengan menggunakan rantai makanan.
|
Tidak sesuai, karena pada buku
tersebut tidak dijelaskan tentang cara mengatasi masalah-masalah pada
lingkungan dengan menggunakan
rantai makanan.
|
5
|
Siswa dapat menjelaskan aliran energi dan membuat skema daur
biogeokimia.
|
Sesuai, terdapat pada halaman 276-281.
|
6
|
Siswa dapat mendata upaya manusia
dalam mengatasi masalah lingkungan akibat kegiatan manusia.
|
Sesuai, terdapat pada halaman 284.
|
7
|
Siswa dapat mendata limbah-limbah
organik yang dapat dimanfaatkan tanpa dan dengan proses daur ulang.
|
Sesuai, terdapat pada halaman 293.
|
2.4 Analisis Kesesuaian Letak Bab
Ekosistem Pada Buku Erlangga Dengan Buku Pembanding
Buku
Erlangga D.A. Pratiwi, dkk
|
Buku
pembanding (Seribu Pena Biologi karangan Saktiyono Penerbit Erlangga)
|
BAB 9 EKOSISTEM
A. Pendahuluan
B. Komponen penyusun ekosistem
1.
Berdasarkan sifatnya
a.
Faktor biotik
·
Individu
a.
Adaptasi morfologi
b.
Adaptasi fisiologi
c.
Adaptasi perilaku
·
Populasi
·
komunitas
b.
Faktor abiotik
·
Suhu
·
Sinar matahari
·
Air
·
Tanah
·
Ketinggian
·
Angin
·
Garis lintang
2.
Berdasarkan fungsinya
a.
Produsen
b.
Konsumen
c.
Pengurai
d.
Detritivor
C. Interaksi antar komponen ekosistem
·
Interaksi antar organisme
a.
Netral
b.
Predasi
c.
Parasitisme
d.
Komenalisme
e.
Mutualisme
·
Interaksi antar populasi
·
Interaksi antar komunitas
·
Interaksi antar komponen biotik dengan abiotik.
D. Aliran energi dan daur biogeokimia
·
Aliran energi
a.
Rantai makanan
1.
Rantai pemangsa
2.
Rantai parasit
3.
Rantai saprofit
b.
Tingkat trofik
c.
Piramida ekologi
a.
Piramida jumlah
b.
Piramida biomassa
c.
Piramida energi
·
Daur biogeokimia
a.
Daur nitrogen
b.
Daur fosfor
c.
Daur karbon
d.
Daur sulfur
E. Kerusakan lingkungan dan upaya pelestariannya
1.
Perubahan lingkungan karena campur tangan manusia
2.
Perubahan lingkungan karena faktor alam
3.
Pencemaran lingkungan
a.
Macam- macam pencemaran
i.
Menurut tempat terjadinya
-
Pencemaran udara
-
Pencemaran air
-
Pencemaran tanah
-
Pencemaran suara
ii.
Menurut macam bahan pencemar
-
Kimiawi
-
Biologi
-
Fisik
iii.
Menurut tingkat pencemaran
b.
Parameter pencemaran llingkungan
i.
Parameter kimia
ii.
Parameter biokimia
iii.
Parameter fisik
iv.
Parameter biologi
4.
Etika lingkungan
5.
Pengelolahan lingkungan
6.
Undang- undang lingkungan hidup
F. Limbah dan daur ulang limbah
|
BAB 10 EKOSISTEM
A.
Satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
1.
Individu
2.
Populasi
3.
Komunitas
B.
Komponen ekosistem
1.
Komponen
biotik
·
Produsen
·
Konsumen
·
Pengurai
2.
Komponen
abiotik
·
Udara
·
Air
·
Tanah
·
Cahaya
matahari
·
Suhu
·
Ph
·
Topografi
C.
Interaksi antarkomponen dalam
ekosistem
1.
Interksi
antarindividu
2.
Interaksi
antarpopulasi
a.
Simbiosis
·
Simbiosis
mutualisme
·
Simbioasis
komensalisme
·
Simbiosis
parasitisme
b.
Predatorisme
c.
Kompetisi
d. Netralisme
3.
Interaksi
antara komunitas dengan komponen abiotik
D.
Suksesi dan komunitas klimaks
1. Suksesi primer
2. Suksesi sekunder
E.
Tipe- tipe ekosistem
1.
Ekosistem darat
a.
Bioma gurun
b.
Bioma padang
rumput
c.
Bioma hutan
hujan tropis
d.
Bioma hutan
gugur
e.
Bioma taiga
f.
Bioma tundra
2.
Ekosistem air tawar
3.
Ekosistem laut
a.
Ekosistem
litoral
b.
Ekosistem laut
dalam
|
2.5 Analisis Isi Materi Bab Ekosistem
Pada Buku Erlangga Dengan Buku
Pembanding
Perbandingan
antara buku erlangga dengan buku pembanding yaitu, antara lain:
Buku
Erlangga D.A. Pratiwi, dkk
|
Buku
pembanding (Seribu Pena Biologi karangan Saktiyono Penerbit Erlangga)
|
Pada sub bab komponen penyusun
ekosistem berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 2 yaitu faktor biotik dan
abiotik. Faktor biotik terdiri dari individu, populasi, dan komunitas. Faktor
abiotik terdiri dari suhu, sinar matahari, air, tanah, ketinggian, angina,
dan gsris lintang
|
Individu, populasi, dan komunitas ada
dalam sub bab satuan makhluk hidup dalam ekosistem. Komponen biotik terdiri
dari produsen, konsumen, pengurai. Komponen abiotik terdiri dari udara, air,
tanah, cahaya matahari, suhu, pH, dan topografi. Individu, populasi, dan
komunitas ada dalam sub bab satuan makhluk hidup dalam ekosistem. Komponen
biotik terdiri dari produsen, konsumen, pengurai. Komponen abiotik terdiri dari
udara, air, tanah, cahaya matahari, suhu, pH, dan topografi.
|
Pada buku ini dijelaskan materi aliran
energi dan daur biogeokimia pada Sub
bab aliran energi dan daur biogeokimia
|
Pada buku pembanding terdapat materi
tersebut, akan tetapi terdapat pada bab selanjutnya (Bab 11).
|
Pada buku erlangga tidak terdapat
materi tentang tipe-tipe ekosistem
|
Pada buku pembanding dijelaskan materi
tentang tipe-tipe ekosistem
|
Pada buku erlangga terdapat materi
tentang kerusakan lingkungan dan upaya pelestariannya
|
Pada buku pembanding dijelaskan materi
tentang kerusakan lingkungan dan upaya pelestariannya, akan tetapi terdapat
pada bab 12.
|
Berikut
bukti gambar yang terdapat pada daftar isi,



![]() |
|||||
|
|||||
|
Berikut
bukti gambar:
![]() |
|||||||||||
|
|
||||||||||
![]() |
![]() |
||||||||||
|
|

BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisi materi dalam buku
disimpulkan bahwa:
1.
Terdapat
dua indikator yang tidak sesuai dengan isi materi yaitu siswa dapat mengatasi masalah-masalah
pada lingkungan dengan menggunakan rantai makanan dan Siswa dapat mengaitkan hubungan
antara tipe-tipe ekosistem dengan kondisi lingkungan biotik dan abiotik.
2.
Ketidak
samaan atau adanya perbedaan antara isi materi pada buku yang dianalisis dengan
buku pembanding yaitu perbedaan tentang bagian dari komponen biotik dan
abiotik.
3.
Ketidaksamaan
tata letak antara buku yang dianalisis dengan buku pembanding
DAFTAR PUSTAKA
Campbell, dkk. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid III. Jakarta:
Erlangga
Pratiwi, dkk. 2007. Biologi Jilid 1 Untuk SMA Kelas X.
Jakarta: Erlangga
Saktiyono. 2008. Seribu Pena Biologi Untuk SMA/MA Kelas X.
Jakarta: Erlangga
Slot Machines Near Me - JT Hub
BalasHapusSlot Machines Near Me · 2. Slot Machines 거제 출장샵 Near 공주 출장샵 Me - JT Hub · 3. 성남 출장마사지 Casinos Near Me · 4. Casinos Near Me - 서산 출장안마 Play Online · 5. 의정부 출장샵 Mobile Casinos Near Me · 6.